Selayang Pandang

Beri’tikad untuk turut serta dalam penyelesaian problematika Umat Islam, terutama di bidang pendidikan, pada tahun 2000 didirikanlah Yayasan Ar-Risalah Surakarta. Dengan visi dan misi menjadi institusi pendidikan yang menjunjung tinggi nilai-nilai keislaman sebagaimana yang dipahami generasi terbaik; para sahabat Rasulullah shallallahu alaihi wasallam serta orang-orang shalih setelahnya, untuk pertama kalinya Yayasan Ar-Risalah Surakarta menyelenggarakan pendidikan tingkat dasar (SD) di komplek Masjid Al Manar Mendungan Desa Pabelan Kecamatan Kartasura dengan jumlah murid sebanyak 40 siswa. Hingga kini, Yayasan Ar-Risalah Surakarta telah diberikan amanah sebanyak kurang lebih 2.000 siswa yang tersebar di Surakarta, Sukoharjo, Sragen, Magelang, Karanganyar, Purwodadi, dan Klaten.

Untuk mengoptimal daya guna Yayasan Ar-Risalah Surakarta kepada masyarakat sekitar secara khusus dan Umat Islam secara umum, diresmikan pula Lembaga Zakat, Infaq, dan Shodaqoh (L-ZIS) Ar-Risalah Peduli. Lembaga filantropi yayasan yang berdiri tahun 2014 ini memiliki 3 (tiga) program utama: “Berkah Pendidikan” yang dikhususkan untuk bantuan sarana dan prasarana pendidikan, “Berkah Sehat” yang bergerak untuk menyediakan layanan kesehatan, dan terakhir “Berkah Kemanusiaan” yang berkontribusi untuk permasalahan kemanusian.

Di bidang pendidikan non-formal, Yayasan Ar-Risalah Surakarta juga menyelenggarakan program tahfidzul quran dengan nama “Taman Tahfidz Ar-Risalah”. Program ini dibentuk untuk mewadahi siswa sekaligus masyarakat yang ingin mengasah keterampilan tahfidznya. Program yang dikelola L-ZIS ini dilaksanakan di Islamic Center Sanabilul Khoir komplek SMPIT Ar-Risalah Sukoharjo.

Saat era globalisasi telah memberikan dampak yang signifikan di hampir seluruh aspek kehidupan termasuk pendidikan, keberadaan lembaga pendidikan yang memberikan solusi nyata sangat dihajatkan untuk menghadapi dinamika kehidupan yang akan datang. Oleh karena itu, kami hadir dengan maksud dapat berkontribusi positif bagi masyarakat. Doa dan dukungan Anda sangat kami harapkan. Semoga Allah senantiasa melimpahkan keselamatan, rahmat, dan barokah kepada kita semua. Amin.