Loading...

Orang Tua Sukses Luar Biasa

Oleh
Zahid
cover.jpg

Orang tua sering merasa resah ketika anaknya telah memasuki fase pubertas. Masa pubertas ditandai oleh perubahan fisik, psikis, dan pematangan fungsi seksual, biasanya dimulai pada usia 8 hingga 10 tahun. Pada masa ini, diperlukan orang tua yang tegar untuk membentuk perilaku, kemandirian, dan mental juang anak.

Mari kita telusuri kisah seorang ibu dengan kecerdasannya yang luar biasa mampu mendidik anaknya menjadi sukses. Tidak dapat disangkal bahwa ibu memiliki peran kunci dalam kesuksesan anak-anaknya.

Kisah Ummu Sulaim bersama Anas ketika datang kepada Rasulullah SAW menjadi cermin keberhasilan ibu dalam mendidik anak. Ummu Sulaim berkata, “Wahai Rasulullah SAW, orang-orang Anshar dan perempuan-perempuan Anshar telah memberimu hadiah kecuali aku. Aku tidak menemukan sesuatupun yang dapat aku hadiahkan kepadamu selain hanya anak laki-lakiku. Maka terimalah dariku. Dia akan melayani keperluanmu.”

Di era saat ini, pemandangan ibu-ibu yang memanjakan anak-anaknya dengan fasilitas yang memanjakan seperti gadget, televisi, dan hobi lain yang menjauhkan anak dari iman dan amal sholeh, menjadi hal yang umum.

Anas bin Malik, pada usia 10 tahun, menjadi pelayan setia Rasulullah shallalahu ‘alaihi wa sallam dan menjadi salah satu sahabat dekat beliau. Anas mendapat doa khusus dari Rasulullah SAW, “Ya Allah, berikanlah ia harta yang melimpah, keturunan yang banyak, dan masukkanlah ia ke surga.”

Selama melayani Rasulullah, Anas tidak menyia-nyiakan waktu. Ia menyerap ilmu yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW, baik dari segi perilaku maupun sabda-sabdanya.

Dengan berbekal doa nabawi, Anas bin Malik memiliki beberapa keistimewaan: usia yang panjang, keturunan yang banyak, harta yang melimpah, dan ilmu yang luas.

Usianya mencapai 103 tahun, keturunan ratusan orang, kebun yang menghasilkan buah-buahan dua kali dalam setahun, serta kebun yang menebarkan aroma kesturi yang semerbak.

Dengan mendapatkan pendampingan sekaliber Rasulullah, Anas bin Malik termasuk salah satu dari tujuh sahabat yang paling banyak meriwayatkan hadits Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Kita sebagai orang tua juga dapat meraih kesuksesan luar biasa dengan mencetak anak-anak yang mampu bermanfaat bagi umat. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah memberikan bimbingan yang luar biasa pada anak. Orang tua dapat mempercayakan anak-anak di lembaga pendidikan yang mengutamakan nilai-nilai iman, adab, dan ilmu. Serta, doa-doa yang senantiasa dihaturkan ke langit.


2 min membaca
Bagikan risalah ini:

Artikel Terkait

Semua postingan
Top